Cicie Kusumadewi

Home » Uncategorized » Petaka Fuzzy MCDM

Petaka Fuzzy MCDM

Aku Cinta Indonesia …..

Wong ndeso yang cinta tanah air.

Blog Stats

  • 62,494 hits

Fuzzy MCDM (FMCDM), metode yang begitu populer untuk Tugas Akhir mahasiswa kami. Entah mengapa dalam 1 tahun terakhir ini, banyak mahasiswa memilih metode ini sebagai penyelesaian masalah penelitian mereka. Pada beberapa penelitian awal, mahasiswa lancar-lancar saja memahami metode ini. Namun, dalam beberapa bulan terakhir, entah apa sebab, beberapa [bahkan hampir semua] bimbinganku menjadi “Salah Konsep” dengan metode ini. Lebih parah lagi, untuk mahasiswa yang jarang bimbingan, mereka sudah terlanjur membuat program aplikasinya. Kalau mereka saya tanya darimana sumber yang MALPRAKTIK ini, kebanyakan dari mereka menjawab: “melihat TA sebelumnya bu….”. Waduh, gawat ….

Secara umum MCDM bertujuan untuk memilih alternatif terbaik dati sekumpulan alternatif berdasarkan kriteria-kriteria tertentu. Fuzzy MCDM dapat dipahami sebagai MCDM dengan data fuzzy. Data fuzzy disini dapat terjadi pada data setiap alternatif pada setiap atribut atau tingkat kepentingan pada setiap kriteria.

Kriteria pada MCDM hanya memiliki 2 kategori, yaitu kategori benefit (keuntungan) atau kategori cost (biaya). Kategori benefit bersifat monoton naik, artinya untuk suatu kriteria tertentu, jika alternatif A memiliki nilai yang lebih besar daripada alternatif B, maka alternatif A akan lebih dipilih. Sebaliknya, pada kategori cost bersifat monoton turun, artinya untuk suatu kriteria tertentu, jika alternatif A memiliki nilai yang lebih kecil daripada alternatif B, maka alternatif A akan lebih dipilih.

Konsep yang sering SALAH pada mahasiswa adalah membagi kriteria menjadi beberapa himpunan. Misal: FMCDM untuk pembelian laptop dengan kriteria harga (C1), kapasitas harddisk (C2), kapasitas RAM (C3). Harga dibagi menjadi 3 himpunan: Murah, Sedang, Mahal. Kapasitas menjadi 3 himpunan: Kecil, Sedang, Besar. Masing2 dengan fungsi linear turun, segitiga, dan linear naik. (????).

Untuk kasus tersebut, jelas bahwa harga merupakan kriteria cost, sedangkan kapasitas merupakan kriteria benefit. Sehingga tidak tepat jika dalam satu kriteria dibagi-bagi dalam beberapa bagian yang masing-masing memiliki fungsi yang berbeda-beda.

Advertisements

4 Comments

  1. ocieters says:

    wah semoga saya gak salah konsep dengan CF saya,
    tapi masih kebingungan sama revisi kemaren Bu 😦 .
    di coba dulu deh, klo gak bisa pencerahannya ya Bu 😀

  2. redsche says:

    met sore bu dosen…

    saia sedang dijurang nestapa..
    jdul TA saya ditolak mulu.. krn dianggap gampang..

    sedikit ingin mencari pencerahan diantara seribu kegelapan yang makin datang nih bu…
    mau tanya..
    untuk Fuzzy MCDM biasa diterapkan utk kasus seperti apa?

    kasus SisPak diagnosa PMS selain dgn forward chaining? metode apa yg kira2 cocok ya bu?

    TRIMAKASIIIIIIIII…..

  3. dewi says:

    fuzzy mcdm diterapin di hotel ga bu? terus kriterianya apa aja. ada referensi yang bagus ga bu dalam bahasa indonesia untuk saya pelajari,terima kasih. saya sangat mengharapkan bantuan ibu.

  4. mherk says:

    wah menarik nihhh mengenai MCDM..
    tapi yang ingin saya tanyakan mengenai MODM nya..
    itu kan salah satu dari jenis MCDM..
    mungkin ada temen2 yang tau…
    atau ada bukunya…lagi kebingungan nihh..
    bisa contact aq ya..
    her_kus@yahoo.com..
    ma kasih..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Kalender Masehi

July 2008
M T W T F S S
« May   Aug »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  

Bincang-bincang

Silahkan tinggalkan pesan

Pesbuk

RSS Bicara tanpa suara

  • cicikusuma Menata hati, menata diri; tunjukkan hamba di jalan yg lurus, Ya Rabb...
  • cicikusuma pengin sekolah lagi, tapi sekolah apa ya...???
  • cicikusuma sedang mengagumi 2 sosok anak manusia yg cerdas & bertangungjawab
  • cicikusuma sedang belajar, mengejar ketinggalan & perkembangan
  • cicikusuma Ini musim hujan ato musim ngantuk ya...
  • cicikusuma ngantuk, tapi ini tugas musti selesai malem ini juga
  • cicikusuma memasuki Februari ceria
  • cicikusuma mengharapkan kehadiran 15 Shafar 1430H
  • cicikusuma ndengerin lagunya Kangen Band: "Kembali Pulang"
  • cicikusuma sedang memikirkan sesuatu yang "Tak Mungkin"