Cicie Kusumadewi

Home » Uncategorized » Tahun Baru Hijriyah

Tahun Baru Hijriyah

Aku Cinta Indonesia …..

Wong ndeso yang cinta tanah air.

Blog Stats

  • 62,494 hits

Tak terasa 1429H berlalu sudah. Alhamdulillah, satu tahun itu aku lalui dengan sangat bahagia. Banyak pengalaman baru, ilmu baru, dan mestinya banyak juga kawan baru. Tentunya pengalaman tersebut menjadikan pola pikir dalam mensikapi hidup ini menjadi sedikit berubah.

Seperti biasa, setiap akhir tahun hijriyah, masjid di kampungku (masjid Al Ikhlas) selalu mengadakan kegiatan. Untuk tutup tahun kali ini, dipilih “Wisata Religi” untuk kegiatan tersebut. Hari Minggu 28 Desember, kami jamaah masjid Al Ikhlas mengunjungi Pondok Pesantren Al Islami di Kalibawang Kulon Progo. Kami satu rombongan terdiri-dari bapak2, ibu2, para remaja, anak2 TPA dan balita berjumlah sekitar 80 orang. Pondok Pesantren Al Islami merupakan pondok khusus rehabilitasi pengguna narkoba. Sejauh mata memandang, pesantren ini tak jauh beda dengan pesantren lainnya. Namun lokasinya yang cukup pelosok, membuat suasana pesantren menjadi begitu tenang. Setiap hari minggu memang ada pengajian yang digelar di pesantren ini. Minggu itu, tidak seperti biasanya, pengajian diisi oleh ”Asisten Kyai”. Konon Bapak Kyai sedang kurang enak badan. Hmm… Diluar dugaan, ternyata Sang Asisten Kyai (yang ternyata adalah putra ketiga Bapak Kyai) adalah seorang Dokter Jiwa [jadi teringat saat2 kuliah dulu…ehm…]. Makanya beliau begitu gamblang dalam memberikan tausiah. Ada dua masukan bagus yang sempat aku catat dari beliau:

  1. Agar hidup kita penuh semangat dalam menghadapi satu tahun kedepan, maka kita perlu menetapkan agenda kegiatan satu tahun beserta target pencapaiannya. Aku sepakat banget dengan prinsip ini. Bahkan biasanya di awal tahun hijriyah aku selalu menetapkan satu target besar dalam hidup, dan Alhamdulillah target ini selalu tercapai. Sayangnya, tidak seperti biasa untuk tahun 1430H ini aku belum punya target apapun….(????)
  2. Dalam mensikapi hidup, dapat diterapkan konsep ”90-10”; artinya 90% adalah perbuatan kita dan 10% adalah takdir. Hmm..Betul juga, sepakat. Meskipun cuma 10%, takdir memang sangat menentukan. Namun demikian, Allah maha adil, kita diberi bekal ilmu dan akal untuk mengupayakan 90% sisanya.

Alhamdulillah, hari ini dapat ilmu baru lagi. InsyaAllah bisa jadi bekal untuk hidup yang lebih baik. Dalam perjalanan akhir, rombongan kami menyempatkan untuk singgah di pantai Trisik. Sempat ada permainan untuk anak2 TPA disana, sejumlah doorprize dibagikan [lagi2 “Anda Belum Beruntung”], yah… sekedar refreshing.

Smoga di tahun 1430H nanti smakin banyak kebaikan dalam hidup kami. Amin…

Advertisements

4 Comments

  1. maaf bu sebelumnya saya memperkenalkan diri:
    nama saya reza,mahasiswa UII 08
    menurut saya pendapat ibu ada benarnya juga tapi saya salah melangkah,diawal tahun ini saya malah kehilangan banyak sesuatu yang saya nantikan,dan saya salah melangkah.

    saya sendiri juga bingung,diawal tahun baru hijriyah ini ,kenapa saya malah mendapat banyak cobaan…(tepatnya curhat)he….
    ibu yang saya hormati,terima kasih atas jasanya ibu terhadap kami…semoga dapat balasan yang setimpal…AMIN

    http://www.easygoingtosearch.blogspot.com
    http://www.clairdechugi.co.cc

  2. Abi says:

    Sebelumnya saya ingin memperkenalkan diri,saya mahasiswa teknik industri ft untirta 06.
    Amin. Ditahun baru ini memang harus ada target yang tercapai. Alhamdulillah KP saya berjalan lancar disaat teman2 seangkatan yang lain belum mengambilnya.
    Bu saya ada beberapa pertanyaan,saya sedang membaca buku ibu yang berjudul Penyelesaian Masalah Optimasi Menggunakan Teknik-teknik Heuristik.
    Saya sedang mencoba kasus MADM dengan Algoritma Genetika,cara manual saya sudah paham,tetapi codingnya itu saya bingung di input dimana di MATLAB nya..terima kasih bu.

  3. cicie says:

    @Mas Abi
    Harus dibuat .m file nya Mas, trus dieksekusi 🙂 Good Luck!

  4. Abi says:

    Terima kasih bu telah dibalas. Apakah semua coding nya harus ketik atau hanya beberapa saja? Lalu mengeksusi di comand windowsnya dengan perintah apa? Saya sedang mencoba kasus MADM yang dibuku itu dengan penyelesaian subjektif.
    Saya udah ketik di Matlab versi 7.7 nya bu. Disitu ada toolbox genetika algoritma juga,apakah dipakai?
    Mohon bantuannya bu. Karena saya sangat tertarik dengan topik itu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Kalender Masehi

December 2008
M T W T F S S
« Nov   Feb »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  

Bincang-bincang

Silahkan tinggalkan pesan

Pesbuk

RSS Bicara tanpa suara

  • cicikusuma Menata hati, menata diri; tunjukkan hamba di jalan yg lurus, Ya Rabb...
  • cicikusuma pengin sekolah lagi, tapi sekolah apa ya...???
  • cicikusuma sedang mengagumi 2 sosok anak manusia yg cerdas & bertangungjawab
  • cicikusuma sedang belajar, mengejar ketinggalan & perkembangan
  • cicikusuma Ini musim hujan ato musim ngantuk ya...
  • cicikusuma ngantuk, tapi ini tugas musti selesai malem ini juga
  • cicikusuma memasuki Februari ceria
  • cicikusuma mengharapkan kehadiran 15 Shafar 1430H
  • cicikusuma ndengerin lagunya Kangen Band: "Kembali Pulang"
  • cicikusuma sedang memikirkan sesuatu yang "Tak Mungkin"