Cicie Kusumadewi

Home » Uncategorized » “Solusi Ideal” dalam hidup

“Solusi Ideal” dalam hidup

Aku Cinta Indonesia …..

Wong ndeso yang cinta tanah air.

Blog Stats

  • 62,494 hits

Lama gak nge-blog, jadi pengin nulis2 lagi. Tiba-tiba teringat dengan suatu pepatah yang mencerminkan “penyakit hati” manusia: rumput tetangga lebih hijau daripada rumput sendiri. Terkadang manusia memang lepas kontrol dari rasa syukur sehingga apapun yang dialami sepertinya jauh lebih buruk dibandingkan dengan yang dialami oleh orang lain. Yang lebih parah lagi, terkadang seseorang merasa bahwa Tuhan tidak lagi sayang padanya, bahkan melupakannya. Jika hal ini terjadi, seseorang terkadang akan menjadi sangat putus asa, merasa tidak berguna, paling tidak beruntung di dunia, dll dll dll; yang jelas senantiasa berprasangka buruk kepada Tuhan.

Di sisi lain, ada juga manusia yang begitu ikhlas, sabar, dan hidupnya dipenuhi dengan rasa syukur. Pernah suatu saat aku jalan2 ke suatu daerah di lereng pegunungan. Aku lihat ibu2 menggendong rerumputandan berjalan cukup jauh. Aku yaking sang Ibu tak punya kendaraan bermotor, HP, laptop, mobil, apalagi jutaan rupiah dalam tabungan. Tapi begitu jelas dalam wajah ibu, sebuah keikhlasan dan ketulusan hidup. Aku yakin sekali bahwa Si Ibu memiliki usia yang jauh lebih tua daripada raut wajahnya. Tubuhnya masih kelihatan sehat. Senyumnya begitu ramah dan tulus, meskipun Si Ibu sama sekali tidak mengenalku.

13lawu1

Suatu saat ketika aku berjalan dari gedung FTI ke gedung Rektorat (skitar 200 m), seorang petugas parkir berujar: “Mbak, saya itu kasihan sama njenengan, kok kemana-mana selalu berjalan kaki, mbok utusan saja untuk mengantar”. Sempat tercengang dengan perkataan itu. Apakah berjalan kaki merupakan salah satu wujud penderitaan???? Justru bagiku, momen2 jalan kaki kayak gini yang paling aku cari. Disamping bikin badan tambah seger, juga bisa menyapa kawan2 yang ktemu di jalan.
Ah… ini hanya cerita intermezo saja. Kalo mau dibuat simpulan kira2 kayak gini:
a. Manusia memang tidak lepas dari banyak kekurangan dan beberapa kelebihan. Akan lebih baek jika sang manusia mengerti apa yang menjadi kekurangan dan kelebihannya. Terkadang dalam hati kita tersenyum kecil ketika orang memuji kita (ah… orang2 itu tidak tahu kekuranganku, makanya mereka memujiku).
b. Hidup ini akan terasa indah apabila kita bisa menemukan “solusi ideal” dalam hidup ini. Apa itu Solusi Ideal? Menurut dosen Sistem Pendukung Keputusan Informatika UII, solusi ideal dalam hidup adalah “Memanfaatkan kekurangan kita untuk Memaksimalkan kelebihan kita“… (bijaksana sekali, hahahaha……)

Advertisements

3 Comments

  1. mr.buta says:

    Setetes…solusi.
    Wahai manusia, nasihatila dirimu terlebih dahulu, barulah kemudian orang lain. Engkau harus lebih memperhatikan nasib dirimu. Jangan engkau menoleh pada orang lain sedangkan dirimu sendiri dalam keadaan buta. Bagaimana orang buta dapat menuntun orang lain?.Yang bisa menuntun manusia hanyalah orang yang melihat, Yang bisa menolong mereka dari tenggelam di lautan hanyalah orang yang tangkas berenang.Yang dapat menuntun manusia kepada Allah Azza wa Jalla adalah orang telah memiliki ma’rifat kepada-Nya. Engkau harus mencintai-Nya dan beramal untuk-Nya, bukan untuk lain-Nya. Hanya takut kepada-Nya bukan yang lain-Nya. Dunia ini Lautan, Iman perahunya, ketaatan dayungnya dan Akhirat Pantainya.Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat, dan peliharalah kami dari siksa neraka.

  2. Info-info says:

    tulisan mbak ringan tapi mengena…maksud saya, saya bisa terinspirasi untuk bersyukur kepada-Nya.

  3. eko sw says:

    indah sekali…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Kalender Masehi

February 2009
M T W T F S S
« Dec   Mar »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
232425262728  

Bincang-bincang

Silahkan tinggalkan pesan

Pesbuk

RSS Bicara tanpa suara

  • cicikusuma Menata hati, menata diri; tunjukkan hamba di jalan yg lurus, Ya Rabb...
  • cicikusuma pengin sekolah lagi, tapi sekolah apa ya...???
  • cicikusuma sedang mengagumi 2 sosok anak manusia yg cerdas & bertangungjawab
  • cicikusuma sedang belajar, mengejar ketinggalan & perkembangan
  • cicikusuma Ini musim hujan ato musim ngantuk ya...
  • cicikusuma ngantuk, tapi ini tugas musti selesai malem ini juga
  • cicikusuma memasuki Februari ceria
  • cicikusuma mengharapkan kehadiran 15 Shafar 1430H
  • cicikusuma ndengerin lagunya Kangen Band: "Kembali Pulang"
  • cicikusuma sedang memikirkan sesuatu yang "Tak Mungkin"